Minggu, 21 Agustus 2011

Berhati-hati dalam membeli Online

Kemajuan teknologi yang cukup pesat saat ini sangat membantu kita dalam beraktifitas, terlebih kemajuan dalam bidang teknologi informasi. saat ini orang dengan mudahnya terhubung dengan yang lain, dengan bantuan alat2 yang canggih ditangan kita sudah bisa dengan mobile untuk melakukan berbagai aktifitas. Dari internet banking, bersosialisasi, sampai berjualan online.

Berbicara tentang berjualan online,dengan banyaknya socmed dan dukungan alat teknologinya kini banyak menjamur berjualan online. Macam2 bentuknya dan beraneka ragam yang dijual. Memang dengan berjualan online lebih praktis, karena kita tidak perlu jalan ke toko dengan penuh kemacetan jalannya hanya tinggal duduk memandangi layar komputer atau gadget untuk memilih barang yang diinginkan.

Akan tetapi, dengan kepraktisan ini ada orang2 yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkannya untuk keuntungan sepihak dengan melakukan penjualan palsu atau penipuan terhadap pembeli online. Oleh karena itu,kita harus lebih berhati2 dalam melakukan transaksi online. Jangan hanya terpaku pada murahnya barang yang dijual atau gambar yang ditayangkan, karena tidak semuanya sesuai yang ditayangkan didunia maya itu.
Dari pengalaman saya yang sudah pernah tertipu dengan penjualan onlen, memalukan memang, tapi saya ingin share agar tidak terjadi kepada anda. Berikut ini Ada bebera hal yang perlu diperhatikan dalam pembelian onlen
1. Usahakan membeli onlen pada situs2 yang sudah terpercaya untuk penjualan onlen.
2. Bila membeli melalui media facebook, pastikan anda juga sudah mengenal dengan penjualnya atau paling tidak identitasnya jelas dan bisa dilacak
3. Perhatikan cara pembayarannya, sebisa mungkin munggunakan sistem COD ( cash on delivery )  atau bisa menggunakan jasa rekber ( rekeningbersama ). Nah gimana seh jasa rekber bekerja?? berikut saya coba berikan skemanya :
untuk detail prosedurenya bisa dilihat dilink berikut : prosedur rekber

4. Berhati2 dengan penjualan yang secara harga tidak masuk akal, pastikan dan bandingkan dulu, jangan langsung terpancing dengan kata2 atau gambar2 yang diinginkan.

Nah itu saja menurut saya beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin membeli secara onlen, semoga bermanfaat dan semoga para penipu didunia maya bisa ditindak oleh pihak berwajib agar dunia maya bisa lebih nyaman untuk berbagai macam aktifitas. Karena saat ini banyak sekali modus2 kejahatan online tidak hanya dalam aktifitas berjualan onlen. Berhati2lah.

0 komentar:

Posting Komentar