Minggu, 20 November 2011

Seandainya terintegrasi

Hari itu jalanan yang setiap hari kulewati yaitu jalan transyogi cibubur macet sekali, tidak seperti biasanya, walaupun macet tapi masih lancar dan dalam batas normal menurutku. Tapi kali membuat waktu tempuh yg biasa digunakan menjadi molor dan pastinya banyak orang yg akan terlambat dr aktivitas yg seharusnya dilakukan..

Kemacetan bertambah parah dengan banyaknya orang yg tak sabar untuk mengantri dan saling serobot. Terlebih lagi motor, walaupun ak juga pengendara motor ya tau juga bagaimana rasanya macet dalam keadaan panas, tentunya ingin cepat2 keluar dari kemacatan sehingga akhirnya ada celah yang kosong dilewati bahkan trotoar pun dinaiki sebagai upaya untuk keluar dari kemacetan.Setelah merambat hampir 3Km ternyata kemacetan disebabkan penggalian jalan untuk kabel optik bawah tanah.

Kadang ak berpikir, jalan sudah bagus-bagus dibuat dan trotoar juga sudah ada walaupun
seringkali kondisinya sangat mengenaskan akhirnya harus dirusak lagi untuk pembangunan. Tidak jarang juga penggalian dan pembangunan di pinggir-pinggir jalan itu menyebabkan rusaknya fasilitas yg lain, seperti PAM. Sehingga menyebabkan saluran PAM bocor atau terganggu.

Terlepas dari itu, setelah penggalian itu yg sering ak lihat kondisinya tidak membaik, malah jalan menjadi rusak, jadi berlubang atau tidak rata. Sebagai orang awam yg tidak terlalu mengerti konsep pembangunan seperti ini, ak merasa kok pembangunannya seperti tidak terintegrasi ya?? Ak cuma berpikir, bisa ga ya bila pembangunannya terintegrasi satu dengan yg lainnya?

Misalkan, karena menggunakan jalur yang sama, jadi untuk pembangunannya bisa membuat jalur saluran yang besar yang bisa sekalian digunakan untuk PAM, kabel optik, kabel bawah tanah dan juga gorong-gorong atau saluran air. Sehingga saat perbaikan atau maintenancenya pun lebih mudah, tidak harus bongkar tutup lagi untuk pemasangan fasilitas-fasilitas diatas. Disatu sisi, memang pembangunan seperti ini membuka lapangan pekerjaan, tapi menurut saya pembangunan seperti ini bisa lebih terkonsep dan terintegrasi dengan baik satu dan yang lainnya bila lembaga-lembaga yang berwenang bersama-sama mengkonsepnya sehingga bisa lebih baik lagi dalam pembangunannya. Ya itu hanya pendapat saya dari orang awam yg menginginkan Indonesia lebih baik.

0 komentar:

Posting Komentar